a.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan pemosisian. Pilihlah salah satu industri yang anda
kenal (seperti restoran cepat saji atau toko kebutuhan pokok rumah tangga) dan
buatlah peta persepsi, yang menunjukan posisi dari berbagai perusahaan yang
berbeda dalam industri tersebut.
Jawab :
Pemosisian
adalah mengubah posisi perusahaan dalam pikiran pelanggan jika dibandingkan
dengan jasa pesaing.
Restoran Burger king :
Atribut
burger king menekankan burger “Pesan sesuai dengan keinginan Anda”
Peta persepsi sebagai
alat pemosisian
Peta
persepsi adalah grafik yang menggambarkan bagaimana pelanggan mempersepsikan
jasa – jasa yang saling bersaing.
Contoh
:
Palace
Hotel, sebuah hotel bintang empat yang sukses di kota yang disebut Belleville
menggunakan peta persepsi untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang
kemungkinan ancaman terhadap posisi pasarnya yang terlah lebih kuat. Untuk
lebih memahami ancaman persaingan ini, tim manajeman hotel tersebut bekerja
sama dengan seseorang konsultan untuk mempersiapkan peta yang menunjukan posisi
palace di pasar pelaku perjalanan bisnis sebelum maupun sesudah datangnya
pesaing baru.
Strategi peta persepsi :
1.
Peta pemosisian berdasarkan tingkat
layanan dibandingkan dengan tingkat harga.
2.
Peta pemosisian lokasi dibandingkan
dengan kemewahan fisik.
3.
Peta pemosisian tingkat layanan
dibandingkan dengan tingkat harga.
4.
Peta pemosisian lokasi dibandingkan
dengan kemewahan fisik.
b.
Jelaskan
mengapa merek sangat penting bagi jasa. Merek – merek jasa manakah yang anda
kenal? Apakah yang disampaikan merek tersebut kepada anda mengenai perusahaan
yang diasosiasikan oleh merek tersebut?
JAWAB :
Merek
adalah suatu nama, frase, desain, lambang, atau beberapa kombinasinya yang
menjadi identitas jasa suatu perusahaan dan membedakannya dari pesaing lain.
Merek sangat penting bagi pelanggan jasa karena hanya sedikit jasa memiliki
jaminan – sebagian karena jasa tersebut umumnya sulit memberi jaminan. Untuk
mempertahankan identitas merek yang terlah terkenal, perusahaan harus
memperkuat elemen – elemen merek utamanya dalam setiap komunikasinya – mulai
dari pertemuan jasa hingga iklan televisi.
Contoh merk TELKOM :
Telkom
adalah perusahaan telekomunikasi. Moto Telkom adalah Commited 2 U. Artinya
mengutamakan pelayanan prima kepada pelanggan. Fasilitas telkom lainnya adalah
speddy telkom, berlangganan koneksi
intenet sebulan. Pesan yang disampaikn perusahaan kepada pelanggan yaitu :
dengan menggunakan speddy telkom, maka pelanggan akan berinternet dengan cepat
tanpa loading yang lama.
c.
Buatlah
sebuah cetak biru (blueprint) toko bunga yang menawarkan banyak pilihan.
Berikan penjelasan terhadap alur cetak biru tersebut.
JAWAB
:
Cetak
biru adalah bentuk canggih diagram alur, yang memperlihatkan masing – masing aktivitas
yang diperlukan dalam produksi dan penyerahan jasa dan menjelaskan hubungan di
antara keduanya.
Toko
bunga : persyaratan mendasar yang harus dipenuhi agar suatu cetak biru jasa
dapat efektif
·
Cetak biru tersebut harus memperlihatkan
waktu dan urtan dimensi dalam bentuk diagram.
·
Cetak biru tersebut harus
mengidentifikasi dan menangani kesalahan, hambata, ciri – ciri proses lainnya.
·
Cetak biru tersebut harus secara tepat
menentukan tingkat variasi dari standar – standar yang dapat terjadi tanpa
mempengaruhi penilaian pelanggan terhadap kualitas dan ketepatan waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar