Jumat, 06 Juli 2012

TUGAS BAB 8 : PEMOSISIAN DAN PERANCANGAN JASA


a.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemosisian. Pilihlah salah satu industri yang anda kenal (seperti restoran cepat saji atau toko kebutuhan pokok rumah tangga) dan buatlah peta persepsi, yang menunjukan posisi dari berbagai perusahaan yang berbeda dalam industri tersebut.
Jawab :
Pemosisian adalah mengubah posisi perusahaan dalam pikiran pelanggan jika dibandingkan dengan jasa pesaing.
Restoran Burger king :
Atribut burger king menekankan burger “Pesan sesuai dengan keinginan Anda”
Peta persepsi sebagai alat pemosisian
Peta persepsi adalah grafik yang menggambarkan bagaimana pelanggan mempersepsikan jasa – jasa yang saling bersaing.
Contoh :
Palace Hotel, sebuah hotel bintang empat yang sukses di kota yang disebut Belleville menggunakan peta persepsi untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang kemungkinan ancaman terhadap posisi pasarnya yang terlah lebih kuat. Untuk lebih memahami ancaman persaingan ini, tim manajeman hotel tersebut bekerja sama dengan seseorang konsultan untuk mempersiapkan peta yang menunjukan posisi palace di pasar pelaku perjalanan bisnis sebelum maupun sesudah datangnya pesaing baru.
Strategi peta persepsi  :
1.         Peta pemosisian berdasarkan tingkat layanan dibandingkan dengan tingkat harga.
2.         Peta pemosisian lokasi dibandingkan dengan kemewahan fisik.
3.         Peta pemosisian tingkat layanan dibandingkan dengan tingkat harga.
4.         Peta pemosisian lokasi dibandingkan dengan kemewahan fisik.

b.      Jelaskan mengapa merek sangat penting bagi jasa. Merek – merek jasa manakah yang anda kenal? Apakah yang disampaikan merek tersebut kepada anda mengenai perusahaan yang diasosiasikan oleh merek tersebut?
JAWAB :
Merek adalah suatu nama, frase, desain, lambang, atau beberapa kombinasinya yang menjadi identitas jasa suatu perusahaan dan membedakannya dari pesaing lain. Merek sangat penting bagi pelanggan jasa karena hanya sedikit jasa memiliki jaminan – sebagian karena jasa tersebut umumnya sulit memberi jaminan. Untuk mempertahankan identitas merek yang terlah terkenal, perusahaan harus memperkuat elemen – elemen merek utamanya dalam setiap komunikasinya – mulai dari pertemuan jasa hingga iklan televisi.
Contoh merk TELKOM :
Telkom adalah perusahaan telekomunikasi. Moto Telkom adalah Commited 2 U. Artinya mengutamakan pelayanan prima kepada pelanggan. Fasilitas telkom lainnya adalah speddy telkom,  berlangganan koneksi intenet sebulan. Pesan yang disampaikn perusahaan kepada pelanggan yaitu : dengan menggunakan speddy telkom, maka pelanggan akan berinternet dengan cepat tanpa loading yang lama.
c.       Buatlah sebuah cetak biru (blueprint) toko bunga yang menawarkan banyak pilihan. Berikan penjelasan terhadap alur cetak biru tersebut.
JAWAB :                                                                           
Cetak biru adalah bentuk canggih diagram alur, yang memperlihatkan masing – masing aktivitas yang diperlukan dalam produksi dan penyerahan jasa dan menjelaskan hubungan di antara keduanya.
Toko bunga : persyaratan mendasar yang harus dipenuhi agar suatu cetak biru jasa dapat efektif
·         Cetak biru tersebut harus memperlihatkan waktu dan urtan dimensi dalam bentuk diagram.
·         Cetak biru tersebut harus mengidentifikasi dan menangani kesalahan, hambata, ciri – ciri proses lainnya.
·         Cetak biru tersebut harus secara tepat menentukan tingkat variasi dari standar – standar yang dapat terjadi tanpa mempengaruhi penilaian pelanggan terhadap kualitas dan ketepatan waktu. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar