a. Mengantri
merupakan tindakan yang menjemukan, missal: antri di bank, menunggu panggilan
dokter di rumah sakit, menunggu makanan disajikan di suatu restoran kesayangan.
Sebagai seorang calon pemasar, sebutkan beberapa konfigurasi antrean
alternative yang sering terjadi di masyarakat. Berikan solusi yang mungkin
dapat mengatasi kondisi antri ini.
JAWAB
:
·
Satu
jalur, satu petugas, satu tahap
·
Satu
jalur,satu petugas pada bebeberpa tahap
·
Jalur
paralel dengan banyak petugas
·
Jalur
khusus dengan perugas khusus.
·
Satu
jalur dengan banyak petugas
·
“mengambil
nomor”
b. Mengapa
pemasar jasa harus memperhatikan lamanya waktu yang dihabiskan pelanggan pada
saat: 1) menunggu sebelum proses, dan 2) menunggu dalam proses.
JAWABAN
:
·
Menunggu sebelum proses :
Pemasar
jasa harus memperhatiksn aspek ini, berapa lama pelanggan menunggu sebelum d
proses. Supaya pelangga tidak lama dan jenih menunggu. Setiap pelanggan tentu
ingi dilayani dengan cepat, agar tidak membuang – buang waktunya.
·
Menunggu dalam proses
Setelah
menunggu sebelum proses, sekarang masuk ke level menunggu dalam proses.
Biasanya dalam hal ini pelanggan sudah mengetahui antisipasi bila menunggu ia
akan menunggu lama, bahkan jika lama sekali pelanggan tidak mau datang kembali,
karena prosesnya yang lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar