Jumat, 06 Juli 2012

TUGAS BAB : 15 MENGELOLA ANTRIAN


a.       Mengantri merupakan tindakan yang menjemukan, missal: antri di bank, menunggu panggilan dokter di rumah sakit, menunggu makanan disajikan di suatu restoran kesayangan. Sebagai seorang calon pemasar, sebutkan beberapa konfigurasi antrean alternative yang sering terjadi di masyarakat. Berikan solusi yang mungkin dapat mengatasi kondisi antri ini.
JAWAB :
·         Satu jalur, satu petugas, satu tahap
·         Satu jalur,satu petugas pada bebeberpa tahap
·         Jalur paralel dengan banyak petugas
·         Jalur khusus dengan perugas khusus.
·         Satu jalur dengan banyak petugas
·         “mengambil  nomor”
b.      Mengapa pemasar jasa harus memperhatikan lamanya waktu yang dihabiskan pelanggan pada saat: 1) menunggu sebelum proses, dan 2) menunggu dalam proses.
JAWABAN :
·         Menunggu sebelum proses :
Pemasar jasa harus memperhatiksn aspek ini, berapa lama pelanggan menunggu sebelum d proses. Supaya pelangga tidak lama dan jenih menunggu. Setiap pelanggan tentu ingi dilayani dengan cepat, agar tidak membuang – buang waktunya.

·         Menunggu dalam proses
Setelah menunggu sebelum proses, sekarang masuk ke level menunggu dalam proses. Biasanya dalam hal ini pelanggan sudah mengetahui antisipasi bila menunggu ia akan menunggu lama, bahkan jika lama sekali pelanggan tidak mau datang kembali, karena prosesnya yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar