Jumat, 06 Juli 2012

TUGAS BAB 14 : MENYEIMBANGKAN PERMINTAAN DAN KAPASITAS


a.       Permintaan pasar yang berfluktuasi sungguh suatu kenyataan yang harus dihadapi para pemasar jasa. Misalnya: permintaan berlebihan di suatu restoran saat jam makan siang, terdapat pula saat permintaan tidak ada karena sepi pengunjung. Saat ini terdapat lima strategi pendekatan untuk mengelola permintaan dalam situasi kapasitas yang berbeda-beda. Sebutkan dan jelaskan ke lima strategi tersebut.

JAWAB :
§  Tidak melakukan apa – apa : hasilnya adalah antrean yang tidak teratur (dapat membuat pelanggan jengkel dan mencegah penggunaan di masa mendatang)
§  Mengurangi permintaan : harga yang lebih tinggi akan menaikkan keuntungan; komunikasi dapat mendorong penggunaan waktu lain.
§  Meningkatkan permintaan : tidak melakukan apa – apa, kecuali ada peluang untuk merangsang segmen yang lebih menguntungkan.
§  Menginventarisasi permintaan dengan memformalkan antrean : mempertimbangkan sistem prioritas untuk segmen yang paling diinginkan; membuat pelanggan lain berpindah ke luar periode puncak atau ke puncak di masa datang.
§  Mengumpulkan permintaan dengan antrean formal : mempertimbangkan pengesampingan segmen – segmen yang paling dinginkan ; berupaya membuat pelanggan yang menunggu tetap menyibukkan dirid dan merasa nyaman; mencoba memperediksi waktu tunggu dengan akurat.

b.      Mengapa manajemen kapasitas sangat penting dalam pemasaran jasa? Jelaskan.
JAWAB :
Agar dapt mengetahui batas paling atas kapasitas untuk melayani tambahan pada suatu waktu. Ukuran penggunaan kapasitas meliputi jumlah jam, yang digunakan fasilitas, tenaga kerja, dan peraalatan secara produktif untuk mendapatkan penghasilan, dan juga persentase ruang yang tersedia. Disamping itu dapat menyesuaikan anggaran yang dibuat sebelumnya.

c.       Sebutkan beberapa (tiga contoh) bidang jasa di sekitar Anda yang mengubah harganya untuk mendorong pelanggan selama masa-masa yang mestinya merupakan musim permintaan sepi.
JAWAB :
§   Modem smartfren : Penjualan modem smartfren memungkinkan pelanggan membeli dengan harga tertentu dengan adanya diskon.
§  Pengiriman barang (TIKI) : pengiriman barang dengan harga yang spesial.
§  Salon kecantikan : Biasanya salon kecantikan atau perawatan tubuh memberikan diskon pada saat bulan puasa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar