a. Permintaan
pasar yang berfluktuasi sungguh suatu kenyataan yang harus dihadapi para
pemasar jasa. Misalnya: permintaan berlebihan di suatu restoran saat jam makan
siang, terdapat pula saat permintaan tidak ada karena sepi pengunjung. Saat ini
terdapat lima strategi pendekatan untuk mengelola permintaan dalam situasi
kapasitas yang berbeda-beda. Sebutkan dan jelaskan ke lima strategi tersebut.
JAWAB
:
§ Tidak
melakukan apa – apa : hasilnya
adalah antrean yang tidak teratur (dapat membuat pelanggan jengkel dan mencegah
penggunaan di masa mendatang)
§ Mengurangi
permintaan : harga yang lebih tinggi akan menaikkan keuntungan; komunikasi
dapat mendorong penggunaan waktu lain.
§ Meningkatkan
permintaan : tidak melakukan apa – apa, kecuali ada peluang untuk merangsang
segmen yang lebih menguntungkan.
§ Menginventarisasi
permintaan dengan memformalkan antrean : mempertimbangkan sistem prioritas
untuk segmen yang paling diinginkan; membuat pelanggan lain berpindah ke luar
periode puncak atau ke puncak di masa datang.
§ Mengumpulkan
permintaan dengan antrean formal : mempertimbangkan pengesampingan segmen –
segmen yang paling dinginkan ; berupaya membuat pelanggan yang menunggu tetap
menyibukkan dirid dan merasa nyaman; mencoba memperediksi waktu tunggu dengan
akurat.
b. Mengapa
manajemen kapasitas sangat penting dalam pemasaran jasa? Jelaskan.
JAWAB
:
Agar
dapt mengetahui batas paling atas kapasitas untuk melayani tambahan pada suatu
waktu. Ukuran penggunaan kapasitas meliputi jumlah jam, yang digunakan
fasilitas, tenaga kerja, dan peraalatan secara produktif untuk mendapatkan
penghasilan, dan juga persentase ruang yang tersedia. Disamping itu dapat
menyesuaikan anggaran yang dibuat sebelumnya.
c. Sebutkan
beberapa (tiga contoh) bidang jasa di sekitar Anda yang mengubah harganya untuk
mendorong pelanggan selama masa-masa yang mestinya merupakan musim permintaan
sepi.
JAWAB
:
§ Modem smartfren : Penjualan modem smartfren
memungkinkan pelanggan membeli dengan harga tertentu dengan adanya diskon.
§ Pengiriman
barang (TIKI) : pengiriman barang dengan harga yang spesial.
§ Salon
kecantikan : Biasanya salon kecantikan atau perawatan tubuh memberikan diskon
pada saat bulan puasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar