a. Carilah
perbedaan peran antara strategi tempat dan strategi waktu dalam
mempengaruhi keputusan dan pilihan jasa pelanggan. Masalah segmentasi pasar apa
saja yang ada di dalamnya? Jelaskan.
·
Peran Strategi tempat
Kenyamanan
pelanggan sangat penting, ketentuan – ketentuan operasional menetapkan batasan
– batasan ketat untuk beberapa jasa. Lokasi yang paling jelas bagi jasa
konsumen adalah dekat tempat pelanggan tinggal atau bekerja. Bangunan modern
sering dirancang untuk banyak tujuan, yang menyediakan bukan hanya kantor atau
ruang produksi tetapi juga jasa seperti bank (ATM), restoran, beberapa toko,
dan bahkan club kebugaran. Beberapa perusahaan bahkan menyertakan fasilitas
penitipan anak di tempat tersebut agar kehidupan orang tua yang sibuk bekerja
lebih dirasakan mudah. Sehingga hal ini sangat mempengaruhi keputusan dan
pilihan jasa pelanggan.
·
Peran strategi waktu
Sebagian
besar rutinitas ini mempengaruhi waktu, keadaan tersebut menyebabkan
banyakketidaknyamanan waktu bagi orang – orang yang berkerja, yang terpaksa
berbelanja selama istirahat makan siang atau pada hari sabtu. Tetapi banyak
yang toko pada hari minggu tutup, karena padahari tertentu memang tutup.
Sekarang ini sudah banyak toko yang buka dan minggu, bagi beberapa usaha jasa
yang memang tanggap mengenai hal itu. Sehingga memang peran waktu dapat
mempengaruhi keputusan dan pilihan jasa pelanggan.
b. Tantangan
pemasaran apa saja yang ditimbulkan oleh penggunaan perantara dalam
suatu dunia jasa? Jelaskan.
JAWAB :
Tantangan
pemasaran apa saja yang ditimbulkan oleh penggunaan perantara dalam
suatu dunia jasa adalah kurangnya pendelegasian kegiatan, tidak setiap
pengoperasian waralaba dapat mendesain tempat jasa sesuai dengan format
aslinya, terkadang perantara yang yang dipilih telah memiliki tempat
penyerahannya sendiri dengan demikian mempengaruhi panorama jasa yang dialami
pelanggan yang berkunjung ke tempat itu.
c. Beberapa
jasa, seperti perbankan, telekomunikasi, atau penerbangan internasional
beroperasi 24 jam setiap hari sepanjang tahun. Faktor-faktor apa saja yang
mendorong peralihan ke arah perpanjangan jam operasi dari pendekatan
tradisional sesuai jam kantor dari pagi sampai sore menjadi 24 jam? Jelaskan
pula faktor-faktor tersebut.
JAWAB :
§ Tekanan
ekonomi dari konsumen : keluarga dengan dua pendapatan yang jumlahnya makin
meningkat dan orang yang berpenghasilan sendiri dengan tinggal sendirian
membutuhkan waktu di luar jam kerja normal untuk belanja dan menggunakan jasa
lainnya karena tidak ada orang lain mengerjakannya.
§ Perubahan
perundang – undangan : faktor kedua ialah penurunan – yang disesali beberapa
orang – dukungan terhadap pandangan keagaman tradisional bahwa hari – hari
tertentu seharusnya diundangkan sebagai hari istirahat sekali untuk selamanya,
lepas dari keanggotaan keagamannya.
§ Insentif
ekonomi untuk meningkatkan penggunaan aset : banyak modal sering dikerahkan
dalam fasilitas – fasilitas jasa.
§ Ketersediaan
karyawan untuk bekerja pada jam – jam “yang tidak lazim” : perubahan gaya hidup
dan keinginan untuk berkerja paruh waktu secara bersama – sama telah
menciptakan pesediaan tenaga kerja di antara orang – orang yang berkerja sore
dan malam hari.
§ Fasilitas
swalayan otomatis : peralatan swalayan sudah makin dapat diandalkan dan mudah
digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar