Jumat, 06 Juli 2012

TUGAS 10 : MERANCANG SYSTEM PENYERAHAN JASA


a.       Carilah perbedaan peran antara strategi tempat dan strategi waktu dalam mempengaruhi keputusan dan pilihan jasa pelanggan. Masalah segmentasi pasar apa saja yang ada di dalamnya? Jelaskan.
·         Peran Strategi tempat
Kenyamanan pelanggan sangat penting, ketentuan – ketentuan operasional menetapkan batasan – batasan ketat untuk beberapa jasa. Lokasi yang paling jelas bagi jasa konsumen adalah dekat tempat pelanggan tinggal atau bekerja. Bangunan modern sering dirancang untuk banyak tujuan, yang menyediakan bukan hanya kantor atau ruang produksi tetapi juga jasa seperti bank (ATM), restoran, beberapa toko, dan bahkan club kebugaran. Beberapa perusahaan bahkan menyertakan fasilitas penitipan anak di tempat tersebut agar kehidupan orang tua yang sibuk bekerja lebih dirasakan mudah. Sehingga hal ini sangat mempengaruhi keputusan dan pilihan jasa pelanggan.
·         Peran strategi waktu
Sebagian besar rutinitas ini mempengaruhi waktu, keadaan tersebut menyebabkan banyakketidaknyamanan waktu bagi orang – orang yang berkerja, yang terpaksa berbelanja selama istirahat makan siang atau pada hari sabtu. Tetapi banyak yang toko pada hari minggu tutup, karena padahari tertentu memang tutup. Sekarang ini sudah banyak toko yang buka dan minggu, bagi beberapa usaha jasa yang memang tanggap mengenai hal itu. Sehingga memang peran waktu dapat mempengaruhi keputusan dan pilihan jasa pelanggan.
b.      Tantangan pemasaran apa saja yang ditimbulkan oleh penggunaan perantara dalam suatu dunia jasa? Jelaskan.
JAWAB :
Tantangan pemasaran apa saja yang ditimbulkan oleh penggunaan perantara dalam suatu dunia jasa adalah kurangnya pendelegasian kegiatan, tidak setiap pengoperasian waralaba dapat mendesain tempat jasa sesuai dengan format aslinya, terkadang perantara yang yang dipilih telah memiliki tempat penyerahannya sendiri dengan demikian mempengaruhi panorama jasa yang dialami pelanggan yang berkunjung ke tempat itu.

c.       Beberapa jasa, seperti perbankan, telekomunikasi, atau penerbangan internasional beroperasi 24 jam setiap hari sepanjang tahun. Faktor-faktor apa saja yang mendorong peralihan ke arah perpanjangan jam operasi dari pendekatan tradisional sesuai jam kantor dari pagi sampai sore menjadi 24 jam? Jelaskan pula faktor-faktor tersebut.
JAWAB :
§  Tekanan ekonomi dari konsumen : keluarga dengan dua pendapatan yang jumlahnya makin meningkat dan orang yang berpenghasilan sendiri dengan tinggal sendirian membutuhkan waktu di luar jam kerja normal untuk belanja dan menggunakan jasa lainnya karena tidak ada orang lain mengerjakannya.
§  Perubahan perundang – undangan : faktor kedua ialah penurunan – yang disesali beberapa orang – dukungan terhadap pandangan keagaman tradisional bahwa hari – hari tertentu seharusnya diundangkan sebagai hari istirahat sekali untuk selamanya, lepas dari keanggotaan keagamannya.
§  Insentif ekonomi untuk meningkatkan penggunaan aset : banyak modal sering dikerahkan dalam fasilitas – fasilitas jasa.
§  Ketersediaan karyawan untuk bekerja pada jam – jam “yang tidak lazim” : perubahan gaya hidup dan keinginan untuk berkerja paruh waktu secara bersama – sama telah menciptakan pesediaan tenaga kerja di antara orang – orang yang berkerja sore dan malam hari.
§  Fasilitas swalayan otomatis : peralatan swalayan sudah makin dapat diandalkan dan mudah digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar