TUGAS 6 : MEMBANGUN
LOYALITAS PELANGGAN
a)
Jelaskan apa yang
dimaksudkan dengan portofolio pelanggan. Bagaimana suatu perusahaan seharusnya
memutuskan mana bauran pelanggan yang paling sesuai?
JAWAB :
Portofolio
pelanggan : Ukuran
dan komposisi beberapa hubungan pelanggan yang dimiliki perusahaan tersebut. Tahap
ini meliputi analisa pelanggan aktual dan potensial untuk mengidentifikasikan
pelanggan yang akan dilayani. Portofolio pelanggan
dimulai dengan kegiatan rutin pemasaran yaitu , segmentasi pasar.
Perusahaan harus tepat
dalam menentukan bauran pelanggan, beberapa aktivitas spesiifik yang harus
dilakukan:
a.
identifikasi pelanggan potensial dan aktual dalam tiap individu atau segmen.
b.
menelusuri biaya dan pendapatan tiap segmen pelanggan.
c. Perkirakan biaya yang
akan muncul di waktu yang akan datang, untuk menjaga dan mengembangkan nilai
(value) pelanggan yang ada.
d. perkirakan biaya yang akan muncul untuk memenangkan dan menjaga pelangan baru.
e. Estimasikan margin
kotor pelanggan.
Dalam portofolio
pelanggan, penting dibuat pembedaan antara hubungan – hubungan yang ada, semua
pelanggan yang menjadi mitra perusahaan tersebut melakukan bisnis, dan bauran
pelanggan yang dilayani sewaktu – waktu. Pelanggan pertama menentukan
penilaian, berdasarkan potensi pendapatan saat ini dan masa mendatang ; yang
terakhir sangat berperan penting dalam keputusan tentang bagaimana
mengoptimalkan penggunaan kapasitas yang tersedia dari waktu ke waktu. Customer
relationship management (CRM) adalah salah satu alternatif strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan
untuk mendapatkan profit melalui usaha manajemen pelanggan.
b)
Apakah alasannya perusahaan
harus mengeluarkan uang untuk mempertahankan pelanggan yang ada agar tetap
loyal?
JAWAB :
Alasannya adalah untuk membangun efek loyalitas
pelanggan, banyak perusahaan membuat program loyalitas konsumen dalam bisnis
mereka. Walaupun program loyalitas pelanggan begitu populer, Dowling dan Uncles
berpendapat bahwa semua program ini telah terbukti “tidak efektif sama sekali”
bagi banyak perusahaan. Keduanya menyarankan bahwa, untuk berhasil dalam pasar
yang bersaing ini, program loyalitas harus meningkatkan seluruh nilai produk
atau jasa tersebut dan memotivasi pembeli yang loyal untuk membeli kembali.
Yang benar ialah bahwa imbalan saja tidak akan memungkinkan perusahaan mampu
mempertahankan pelanggan yang paling diinginkannya. Jika pelanggan ini merasa
tidak puas dengan kualitas jasa yang mereka terima atau mereka dapat peroleh
nilai yang lebih baik dari jasa lebih murah, mereka akan segera tidak loyal
lagi. Kesimpulannya, tidak satupun bisnis jasa boleh kehilangan pandangan
terhadap tujuan yang lebih luas dalam memberikan jasa yang berkualitas dan
nilai yang baik dalam kaitannya dengan harga dan biaya – biaya lain untuk jasa
yang ditimbulkan pelanggan.
c)
Sebutkanlah beberapa ukuran
yang dapat digunakan untuk mendorong hubungan jangka panjang dengan pelanggan?
JAWAB :
Ukuran yang dapat
digunakan untuk mendorong hubungan jangka panjang dengan pelanggan adalah menerapkan konsep portofolio tersebut pada
bisnis jasa. Ada berbagai model untuk memproyeksikan nilai mendatang portofolio
pelanggan (customer portfolio) tersebut, berdasarkan data historis perolehan
pelanggan, kelompok jasa yang dibeli, peningkatan dan penurunan jasa, dan
penghentian jasa. Data historis ini dapat disesuaikan untuk mencerminkan
perubahan harga dan biaya, upaya – upaya promosi dan resiko yang terkait dengan
pasar (termasuk antisipasi terhadap dampak tindakan persaingan atau perubahan
dalam dinamika pasar).
d)
Kriteria apakah yang seharusnya digunakan manajer pemasaran untuk
memutuskan mana di antara beberapa segmen yang harus dibidik perusahaan?
JAWAB :
Kriteria yang seharusnya
digunakan manajer pemasaran untuk memutuskan mana di antara beberapa segmen yang harus dibidik
perusahaan diantaranya adalah misi, tujuan strategi, kemampuan operasional. Ada 4 pengaruh yang paling penting dalam segmentasi :
1.
Variabel geografis: Unit-unit geografis yang bisa dipertimbangkan mengembangkan satu
strategi segmentasi
2.
Variabel demografis: Menggambarkan populasi dengan mengidentifikasi ciri-ciri tertentu
seperti usia, pendapatan, gender, latar belakang etnis, status perkawinan, ras,
agama, dan kelas sosial
3. Variabel psikografis: Mencakup gaya hidup, minat dan
sikap
4. Variabel perilaku: Merujuk pada cara konsumen
menggunakan produk tersebut, alasan mereka membelinya, dan kesetiaan mereka
terhadap produk tersebut
Kriteria dalam memutuskan
beberapa segmen yang harus dibidik perusahaan :
- Apa
saja cara segmentasi pasar yang bermanfaat bagi jasa perusahaan?
- Apakah
kebutuhan segmen tertentu yang berhasil kita identifikasi?
- Manakah
dari segmen – segmen tertentu tersebut yang paling sesuai dengan misi
kelembagaan dan kemampuan operasional?
- Apakah
yang dipandang pelanggan dalam masing – masing segmen sebagai keunggulan
dan kelemahan bersaing perusahaan? Apakah kelemahan itu dapat diperbaiki?
- Dari
sudut analisis ini, segmen manakah yang harus kita bidik?
- Bagaimanakah
kita seharusnya membedakan upaya – upaya pemasaran kita dari upaya – upaya
pesaing untuk menarik dan mempertahankan jenis pelanggan yang kita
inginkan?
- Berapa
nilai keuangan jangka panjang seorang pelanggan yang loyal dalam masing –
masing segmen yang sekarang kita layani dan segmen yang ingin kita layani?
- Bagaimanakah
cara perusahaan kita membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan dari
segmen sasaran? Dan strategi apakah yang dibutuhkan untuk menciptakan
loyalitas jangka panjang?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar