Jumat, 04 Mei 2012

TUGAS 3 : KONTAK PELANGGAN DENGAN PENYEDIA JASA


TUGAS 3 KONTAK PELANGGAN DENGAN PENYEDIA JASA

a)  Apa saja unsur-unsur belakang panggung (backstage) dan depan panggung (front stage) dalam suatu hotel?
JAWAB :
Unsur – unsur belakang panggung (backstage) dalam suatu hotel :
·    Dapur hotel
]   Customer service
s   Sistem keamanan hotel (CCTV)
    Pembersihan kamar hotel
Unsur – unsur depan panggung (frontstage) dalam suatu hotel :
<·    Cek in/out hotel di resepsionist
  ·     Bagian informasi/humas
  ·    Pengamanan/pemeriksaan tas
<·     Bagian adaministrasi

b)   Dalam kondisi apakah pelanggan diizinkan melihat beberapa elemen belakang panggung ini dan bagaimana Anda melakukannya?
JAWAB  :
Pelanggan diizinkan melihat beberapa elemen belakang panggung hotel jika adanya koordinasi dengan manager hotel, mengenai maksud dan tujuan pelanggan. Mungkin saja pelanggan ingin melihat cara pembuatan makanan yang dibuat oleh sang koki. Bisa saja pelanggan diizinkan melihat belakang panggung hotel, disisi ini hotel akan menunjukan kualitas belakang panggung hotel tersebut, serta menciptakan image belakang panggung hotel yang bersih. Sehingga pelanggan semakin berminat untuk menginap di hotel tersebut dan menjadi hotel favorite mereka.

c)   Peran apakah yang dimainkan petugas jasa di depan panggung dalam perusahaan jasa dengan kontak rendah (low contact)?
JAWAB :
Peran yang dimainkan petugas jasa di depan panggung dalam perusahaan jasa dengan kontak rendah adalah sebagai perantara, karena jasa kontak rendah adalah jasa yang membutuhkan kontak yang sangat sedikit/tidak langsung antara pelanggan dan pengoperasian jasa tersebut. Suatu kecenderungan yang tumbuh pesat dalam masyarakat yang mengutamakan kenyamanan.
Contoh : Seorang pelanggan belanja di online shop dan Seorang pelanggan melakukan transaksi perbankan melalui telepon. 

d) Bayangkan Anda menjadi seorang eksekutif senior suatu bank. Tindakan apakah yang akan Anda ambil untuk mendorong pelanggan lebih banyak menggunakan bank lewat telepon, internet, dan ATM daripada ke kantor cabang bank? jelaskan
JAWAB :
Jika saya menjadi eksekutif senior suatu bank, saya akan memberikan informasi kepada para nasabah dan pelanggan untuk menggunakan telepon, internet, dan ATM agar mempermudah melakukan transaksi keuangan, sehingga mereka pun tidak perlu datang ke kantor nasabah cabang, karena transaksi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini sangat menghemat waktu dan tenaga. Selain itu perlu melakukan promosi  dengan menggunakan media cetak, dan media elektronik, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui kemudahan bertransaksi menggunakan alat teknologi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar