TUGAS 3 KONTAK PELANGGAN DENGAN PENYEDIA JASA
a) Apa saja unsur-unsur
belakang panggung (backstage) dan depan panggung (front stage) dalam suatu
hotel?
JAWAB :
Unsur –
unsur belakang panggung (backstage) dalam suatu hotel :
· Dapur hotel
] Customer
service
s Sistem
keamanan hotel (CCTV)
Pembersihan
kamar hotel
Unsur –
unsur depan panggung (frontstage) dalam suatu hotel :
<· Cek in/out
hotel di resepsionist
· Bagian
informasi/humas
· Pengamanan/pemeriksaan tas
· Pengamanan/pemeriksaan tas
<· Bagian
adaministrasi
b) Dalam kondisi apakah pelanggan diizinkan melihat beberapa elemen belakang panggung ini dan bagaimana Anda melakukannya?
JAWAB :
Pelanggan diizinkan melihat beberapa elemen
belakang panggung hotel jika adanya koordinasi dengan manager hotel, mengenai
maksud dan tujuan pelanggan. Mungkin saja pelanggan ingin melihat cara
pembuatan makanan yang dibuat oleh sang koki. Bisa saja pelanggan diizinkan
melihat belakang panggung hotel, disisi ini hotel akan menunjukan kualitas
belakang panggung hotel tersebut, serta menciptakan image belakang panggung
hotel yang bersih. Sehingga pelanggan semakin berminat untuk menginap di hotel
tersebut dan menjadi hotel favorite mereka.
c) Peran apakah yang dimainkan
petugas jasa di depan panggung dalam perusahaan jasa dengan kontak rendah (low
contact)?
JAWAB :
Peran yang dimainkan petugas jasa di depan
panggung dalam perusahaan jasa dengan kontak rendah adalah sebagai perantara,
karena jasa kontak rendah adalah jasa yang membutuhkan kontak yang sangat
sedikit/tidak langsung antara pelanggan dan pengoperasian jasa tersebut. Suatu
kecenderungan yang tumbuh pesat dalam masyarakat yang mengutamakan kenyamanan.
Contoh : Seorang pelanggan belanja di online shop
dan Seorang pelanggan melakukan transaksi perbankan melalui telepon.
d) Bayangkan Anda menjadi seorang eksekutif senior suatu bank. Tindakan
apakah yang akan Anda ambil untuk mendorong pelanggan lebih banyak menggunakan
bank lewat telepon, internet, dan ATM daripada ke kantor cabang bank? jelaskan
JAWAB :
Jika saya menjadi eksekutif senior suatu bank,
saya akan memberikan informasi kepada para nasabah dan pelanggan untuk
menggunakan telepon, internet, dan ATM agar mempermudah melakukan transaksi
keuangan, sehingga mereka pun tidak perlu datang ke kantor nasabah cabang,
karena transaksi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini sangat
menghemat waktu dan tenaga. Selain itu perlu melakukan promosi dengan menggunakan media cetak, dan media
elektronik, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui kemudahan bertransaksi
menggunakan alat teknologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar