TUGAS 4 JASA DARI
SUDUT PANDANG PELANGGAN
a)
Sebutkan dan jelaskan tiga
tahap dalam proses pembelian jasa?
JAWAB :
·
Tahap
Pra-pembelian : Tahap pertama dalam proses pembelian jasa, di mana pelanggan
mengidentifikasi berbagai alternatif, menimbang – nimbang manfaat dan risiko,
dan membuat keputusan pembelian.
·
Tahap Pertemuan
Jasa : Tahap kedua dalam proses pembelian jasa, di mana terjadi penyerahan jasa
melalui interaksi antara pelanggan dan penyedia jasa.
·
Tahap
Pasca-pembelian : Tahap terakhir dalam proses pembelian jasa, di mana pelanggan
menilai kualitas jasa dan kepuasan atau ketidakpuasan mereka terhadap hasil
jasa tersebut.
b)
Terangkan apa yang dimaksud
dengan atribut pencarian (search), pengalaman (experience), dan kepercayaan
(credence) dan berilah contoh masing-masing?
JAWAB :
Pengertian beberapa
atribut :
·
Atribut pencarian (search) : Karakteristik produk
yang dapat dinilai pelanggan sebelum membeli.
Contoh : sesorang yang membutuh tiket pesawat untuk mendukung
kegiatannya. Maka yang harus ia lakukan adalah mencari biro jasa penjualan
tiket pesawat yang sesuai dengan kebutuhan.
·
Pengalaman (experience) : Fitur kinerja produk yang hanya dapat dinilai
pelanggan selama penyerahan jasa.
Contoh : setelah pelanggan menemukan biro jasa penerbangan yang sesuai
dengan kebutuhan, maka selanjutnya ia akan mencari tahu akan sejarah dari biro
jasa tersebut. Bagaimana dengan kualitasnya, apakah banyak pelanggan-pelanggan
lain yang menggunakan jasa tersebut.
·
Kepercayaan (credence) : Fitur – fitur produk yang mungkin tidak dapat
dinilai pelanggan bahkan setelah membeli dan mengkonsumsinya.
Contoh : setelah menemukan dan mencari tahu latarbelakang akan jasa
yang dipilih, maka ia akan mulai menaruh sedikit kepercayaan terhadap jasa
tersebut, ketika ia sudah mulai menggunakan jasa tersebut maka, barulah ia bisa
memutuskan untuk menaruh kepercayaan pada jasa tersebut atau tidak.
c)
Jelaskan mengapa jasa lebih
sulit dievaluasi oleh pelanggan dari pada barang?
JAWAB : Jasa lebih sulit
dievaluasi oleh pelanggan daripada barang, karena barang itu dalam bentuk jumlah yang bisa dihitung secara kuantitatif
atau berdasarkan angka yang tertera dan bisa di evaluasi dengan data stok (inventory) . Sedangkan
pengevaluasian
jasa tentu lebih sulit, hal ini dikarenakan dalam pengevaluasian jasa diperlukan observasi seperti
adanya penyebaran kuisioner dalam bentuk kualitatif ( data secara sifat seperti
ya atau tidak, setuju atau tidak setuju). Faktor yang menyulitkan lagi adalah kenyataan bahwa cara menciptakan dan
mengirimkan jasa kepada pelanggan sering sulit dipahami, karena banyak masukan
dan keluaran yang tidak nyata.
d)
Buatlah perbedaan antara
unsur produk inti (core product) dengan layanan pendukung (supplementary
services). Manakah diantaranya yang memberikan peluang tertinggi bagi
keunggulan bersaing? Mengapa?
JAWAB :
·
Produk Utama atau Inti (Core benefit) : Manfaat utama yang disediakan perusahaan untuk memenuhi
kebutuhan tertentu pelanggan. Contoh, bisnis perhotelan
manfaat utama yang dibeli para tamu adalah istirahat
dan tidur.
·
Unsur pelayanan pelengkap (Supplementary Service)
:
Manfaat tambahan yang disediakan perusahaan untuk
menambah nilai dan membedakan dari produk inti.
Merupakan pendukung jalannya fungsi pelayanan
pokok. Unsur pelayanan pelengkap jauh berbeda antara usaha satu dengan usaha
lainnya. Pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan tidak selalu dapat
memenuhi semua harapan para pelanggan. Hal ini disebabkan oleh kesenjangan yang
seringkali muncul dalam proses pemberian pelayanan. Jika pelayanan yang
dinikmati oleh konsumen dinilai tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, maka
konsumen tersebut akan beralih ke pemberi pelayanan yang lain. Sebaliknya jika
pelayanan yang dinikmati oleh konsumen sesuai atau melebihi apa yang
diharapkan, maka konsumen tersebut cenderung memakai kembali pelayanan.
Diantaranya yang
memberikan peluang tertinggi bagi keunggulan bersaing adalah
Unsur pelayanan pelengkap
(Supplementary Service), karena setiap perusahaan yang ingin memimpin pasar
harus berjuang meningkatkan produk yang ada dan mengembangkan produk baru.
Tetapi melakukan inovasi besar dalam produk inti hampir selalu menghabiskan
waktu dan mahal, dengan kadang – kadang membutuhkan investasi penelitian yang
besar. Karena inovasi yang besar dalam produk inti begitu jarang terjadi pada
banyak industri, yang terjadi adalah pengembangan elemen jasa pelengkap, yang
memberi peluang terbaik bagi industri yang sudah matang untuk meningkatkan
persepsi pelanggan terhadap nilai produk. Diferensiasi dan nilai tambah termasuk
pada sekumpulan elemen jasa pelengkap.
The Star Casino | DrMCD
BalasHapusThe Star Casino. Photo. Picture. The Star Casino. Picture. The Star Casino. Photo. Star Casino. Photo. The Star Casino. Image 1. Image 2. Image 3. Image 4. Image 5. Image 6. Image 7. Image 8. Image 9. Image 10. Image 11. 제주도 출장샵 Image 12. Image 13. Image 14. Image 15. Image 16. Image 17. Image 18. Image 19. Image 20. Image 21. Image 22. Image 23. Image 24. Image 25. Image 시흥 출장마사지 26. 청주 출장샵 Image 27. Image 28. 오산 출장샵 Image 29. Image 30. 삼척 출장안마 Image 31. Image 32. Image 33. Image 34. Image 35. Image 36. Image 37. Image 38. Image 39. Image 40. Image 40. Image 41. Image 42. Image 43. Image 44. Image 45. Image 46. Image 47. Image 48. Image 47. Image 50.