Jumat, 04 Mei 2012

TUGAS 2


TUGAS 2
Kunjungilah sebuah Rumah Sakit secara berkelompok, amatilah dan narasikan dalam blog kelompok saudara :
a.       service personnel, : pelayanan kepada pasien
b.      non-personnel communication, : banner, pengumuman cth : balita dilarang masuk keruangan ini.
c.       fasilitas & peralatan jasa,
d.      orang lain (tanggapan/reaksi).

JAWAB :
RUMAH  SAKIT HARAPAN KITA

1.             Service personnel (Pelayanan kepada pasien) di Rumah sakit harapan kita sangat beragam diantara konsultasi mengenai masalah/keluhan yang dialami pasien. Oleh karena itu terdapat suatu forum konsultasi diantaranya konsultasi Kebidanan & Kandungan, Kesehatan Anak & Balita, Penyakit Umum Lainnya, dan Penunjang Medik.Di forum tersebut akan ada beberapa topik/pertanyaan yang akan diajukan pasien dan akan dijawab oleh dokter yang menangani masalah tersebut. 
Pelayanan Unggulan kepada pasien :

Pelayanan Rawat jalan
Spesialis kebidanan dan kandungan
Spesialis Kesehatan anak
Spesialis kesehatan lainnya
Pelayanan Rawat Inap
Ruang perawatan bunda
Ruang perawatan anak
Ruang perawatan non anak dan non kebidanan
Ruang perawatan bayi
Pelayanan 24 Jam
Unit gawat darurat
Instalansi radiologi
Laboratorium
Kamar operasi
Kamar bersalin
Unit perawatan jenazah

2.        Non-personnel communication
Contoh :

Non personnal communication di rumah sakit : Balita dilarang masuk keruangan ini. Hal ini sebagai himbauan bahwa balita tidak diperkenankan untuk masuk kesuatu ruangan tertentu.




3.       Fasilitas & peralatan
Penunjang Medik & Diagnostik
Dalam memberikan layanan kepada masyarakat tidak hanya memiliki para ahli tetapi juga fasilitas medis yang mendukung. Hal ini menjadikan RSAB Harapan Kita sebagai rumah sakit anak dan bunda terlengkap di Indonesia. Unit-unit pelayanan seperti gawat darurat, laboratorium, radiologi, kamar operasi dan ambulan siap melayani pasien 24 jam sehari dan kapanpun dibutuhkan. Ruang perawatan dengan tatanan yang kerap diperbaharui mulai dari ICU, NICU, Kamar Bersalin hingga ruang perawatan anak dan bunda selalu siap melayani dibawah pengawasan tenaga-tenaga baik medis maupun non medis yang handal, berpengalaman dan memiliki kecakapan tinggi. RSAB Harapan Kita juga memiliki fasilitas pendukung lainnya yang dapat diandalkan. Fasilitas terapi seperti fisioterapi, densitometri, dan lainnya menjadi satu bagian dalam memberikan layanan kesehatan terpadu dan berkesinambungan.
Tidak hanya fasilitas penunjang kesehatan, RSAB Harapan Kita juga memiliki fasilitas lainnya yang dapat diandalkan dan menjadi perhatian dalam memberi pelayanan. Kebersihan linen merupakan salah satu dari hal yang sangat diperhatikan. Linen yang higienis dan steril akan menghindari resiko penularan penyakit. Laundry atau tempat pencucian berkapasitas besar yang menempati ruangan seluas kurang lebih 600m2 merupakan pusat pencucian linen RSAB Harapan Kita. Tidak hanya diperuntukan RSAB Harapan Kita, ruangan ini juga menerima pelayanan pencucian bagi rumah sakit lain yang menjadikan pemasukan tambahan non medis RSAB Harapan Kita. Dan untuk menunjang fasilitas ini, RSAB Harapan Kita juga menerima pendidikan dan pelatihan penangan linen rumah sakit.
Pelayanan Penunjang Medik & Diagnostik
Laboratorium Klinik terdiri dari:
•   Laboratorium Patologi Klinik
•   Laboratorium Makrobiologi
•   Laboratorium Patologi Anatomi 
•   Laboratorium Sitogenetika
•   Bank Darah
•   Radiologi
•   Fisioterapi, Terapi Okupasi dan Terapi Wicara
•   Tunjangan Nutrisi Terpadu

 Pelayanan Penunjang Diagnostik Meliputi :
•   Spirometri
•   Treadmill
•   EEG
•   CTG
•   Endoskopi
•   Audiometri
•   EKG
•   USG
•   Densitometri
•   Test Bera (untuk mendeteksi gangguan pendengaran pada anak)



Pelayanan Penunjang Lainnya  Meliputi :
•   Pelayanan Farmasi
•   Sistem Informasi Managemen Rumah Sakit
•   Unit Perawatan Jenazah
•   Pusat Sterilisasi
•   Laundry
 










Fasilitas Umum








Fasilitas Umum Penunjang : 

Dunkin Donuts, adalah restoran waralaba khususnya berupa donat. Anda dapat menikmati Dunkin Donuts di RSAB Harapan Kita dengan suasana dan tempat yang asri dan nyaman. Cocok untuk Anda dan keluarga bersantai sejenak.

  Jakarta Fried Chicken, adalah restoran dan waralaba makanan siap saji yang ada di RSAB Harapan kita. Anda dan keluarga dapat menikmati makan bersama dengan keluarga di tempat yang asri dan nyaman.

ATM BNI, merupakan fasilitas ATM Bank BNI di RSAB Harapan Kita untuk memudahkan nasabahnya dalam menggunakan dan melakukan transaksi bisnis.

ATM BRI, merupakan fasilitas ATM Bank BRI di RSAB Harapan Kita untuk memudahkan nasabahnya dalam menggunakan dan melakukan transaksi bisnis.


ATM Mandiri, merupakan fasilitas ATM Bank Mandiri di RSAB Harapan Kita untuk memudahkan nasabahnya dalam menggunakan dan melakukan transaksi bisnis.

ATM CIMB-Niaga, merupakan fasilitas ATM Bank CIMB-Niaga di RSAB Harapan Kita untuk memudahkan nasabahnya dalam menggunakan dan melakukan transaksi bisnis.

ATM CIMB-Niaga, merupakan fasilitas ATM Bank CIMB-Niaga di RSAB Harapan Kita untuk memudahkan nasabahnya dalam menggunakan dan melakukan transaksi bisnis.
 
OZON Mini Market, merupakan fasilitas ritail berupa mini market yang menyediakan beraneka ragam kebutuhan sehari-hari. Anda dapat mengunjungi dan berbelanja di "Ozon" mini market.

4.             Orang lain (tanggapan/reaksi)
Menurut kelompok kami pelayanan/fasilitas di rumah sakit Harapan kita  sangat memuaskan. Karena disana ada berbagai fasilitas dan layanan yang diinginkan pasien. Terlebih lagi rumah sakit harapan kita sangat terkenal didaerah jakarta barat dan dikenal oleh masyarakat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar