TUGAS 2
Kunjungilah sebuah Rumah Sakit secara berkelompok, amatilah dan
narasikan dalam blog kelompok saudara :
a.
service personnel, : pelayanan kepada pasien
b.
non-personnel communication, : banner, pengumuman cth : balita dilarang masuk
keruangan ini.
c.
fasilitas & peralatan jasa,
d.
orang lain (tanggapan/reaksi).
JAWAB
:
RUMAH SAKIT HARAPAN KITA
1.
Service personnel (Pelayanan kepada pasien) di Rumah sakit harapan
kita sangat beragam diantara konsultasi mengenai
masalah/keluhan yang dialami pasien. Oleh karena itu terdapat suatu forum
konsultasi diantaranya konsultasi Kebidanan & Kandungan, Kesehatan Anak & Balita, Penyakit Umum Lainnya, dan Penunjang Medik.Di forum tersebut akan ada beberapa
topik/pertanyaan yang akan diajukan pasien dan akan dijawab oleh dokter yang
menangani masalah tersebut.
Pelayanan Unggulan kepada pasien :
Pelayanan Rawat jalan
Spesialis kebidanan dan kandungan
Spesialis Kesehatan anak
Spesialis kesehatan lainnya
Pelayanan Rawat Inap
Ruang perawatan bunda
Ruang perawatan anak
Ruang perawatan non anak dan non kebidanan
Ruang perawatan bayi
Pelayanan 24 Jam
Unit gawat darurat
Instalansi radiologi
Laboratorium
Kamar operasi
Kamar bersalin
Unit perawatan jenazah
2.
Non-personnel
communication
Contoh :
Non personnal communication di rumah sakit : Balita dilarang
masuk keruangan ini. Hal ini sebagai himbauan bahwa balita tidak diperkenankan
untuk masuk kesuatu ruangan tertentu.
3. Fasilitas & peralatan
Penunjang Medik & Diagnostik
Dalam memberikan
layanan kepada masyarakat tidak hanya memiliki para ahli tetapi juga fasilitas
medis yang mendukung. Hal ini menjadikan RSAB Harapan Kita sebagai rumah sakit
anak dan bunda terlengkap di Indonesia. Unit-unit pelayanan seperti gawat
darurat, laboratorium, radiologi, kamar operasi dan ambulan siap melayani
pasien 24 jam sehari dan kapanpun dibutuhkan. Ruang perawatan dengan tatanan
yang kerap diperbaharui mulai dari ICU, NICU, Kamar Bersalin hingga ruang
perawatan anak dan bunda selalu siap melayani dibawah pengawasan tenaga-tenaga
baik medis maupun non medis yang handal, berpengalaman dan memiliki kecakapan
tinggi. RSAB Harapan Kita juga memiliki fasilitas pendukung lainnya yang dapat
diandalkan. Fasilitas terapi seperti fisioterapi, densitometri, dan lainnya
menjadi satu bagian dalam memberikan layanan kesehatan terpadu dan
berkesinambungan.
Tidak
hanya fasilitas penunjang kesehatan, RSAB Harapan Kita juga memiliki fasilitas
lainnya yang dapat diandalkan dan menjadi perhatian dalam memberi pelayanan.
Kebersihan linen merupakan salah satu dari hal yang sangat diperhatikan. Linen
yang higienis dan steril akan menghindari resiko penularan penyakit. Laundry
atau tempat pencucian berkapasitas besar yang menempati ruangan seluas kurang
lebih 600m2 merupakan pusat pencucian linen RSAB Harapan Kita. Tidak hanya
diperuntukan RSAB Harapan Kita, ruangan ini juga menerima pelayanan pencucian
bagi rumah sakit lain yang menjadikan pemasukan tambahan non medis RSAB Harapan
Kita. Dan untuk menunjang fasilitas ini, RSAB Harapan Kita juga menerima
pendidikan dan pelatihan penangan linen rumah sakit.
Pelayanan
Penunjang Medik & Diagnostik
Laboratorium Klinik
terdiri dari:
• Laboratorium Patologi Klinik
• Laboratorium Makrobiologi
• Laboratorium Patologi Anatomi
• Laboratorium Sitogenetika
• Bank Darah
• Radiologi
• Fisioterapi, Terapi Okupasi dan Terapi
Wicara
• Tunjangan Nutrisi Terpadu
Pelayanan
Penunjang Diagnostik Meliputi :
• Spirometri
• Treadmill
• EEG
• CTG
• Endoskopi
• Audiometri
• EKG
• USG
• Densitometri
• Test Bera (untuk mendeteksi gangguan
pendengaran pada anak)
Pelayanan Penunjang
Lainnya Meliputi :
• Pelayanan Farmasi
• Sistem Informasi Managemen Rumah Sakit
• Unit Perawatan Jenazah
• Pusat Sterilisasi
• Laundry
Fasilitas
Umum
Fasilitas Umum Penunjang :
Dunkin Donuts, adalah restoran waralaba khususnya berupa donat. Anda dapat menikmati Dunkin Donuts di RSAB Harapan Kita dengan suasana dan tempat yang asri dan nyaman. Cocok untuk Anda dan keluarga bersantai sejenak.
Jakarta Fried Chicken, adalah restoran dan waralaba makanan siap saji yang ada di RSAB Harapan kita. Anda dan keluarga dapat menikmati makan bersama dengan keluarga di tempat yang asri dan nyaman.
ATM BNI, merupakan fasilitas ATM Bank BNI di RSAB Harapan Kita untuk memudahkan nasabahnya dalam menggunakan dan melakukan transaksi bisnis.
ATM BRI, merupakan fasilitas ATM Bank BRI di RSAB Harapan Kita untuk memudahkan nasabahnya dalam menggunakan dan melakukan transaksi bisnis.
ATM CIMB-Niaga, merupakan fasilitas ATM Bank CIMB-Niaga di RSAB Harapan Kita untuk memudahkan nasabahnya dalam menggunakan dan melakukan transaksi bisnis.
ATM CIMB-Niaga, merupakan fasilitas ATM Bank CIMB-Niaga di RSAB Harapan Kita untuk memudahkan nasabahnya dalam menggunakan dan melakukan transaksi bisnis.
OZON Mini
Market, merupakan
fasilitas ritail berupa mini market yang menyediakan beraneka ragam kebutuhan
sehari-hari. Anda dapat mengunjungi dan berbelanja di "Ozon" mini
market.
4.
Orang lain (tanggapan/reaksi)
Menurut kelompok kami
pelayanan/fasilitas di rumah sakit Harapan kita
sangat memuaskan. Karena disana ada berbagai fasilitas dan layanan yang
diinginkan pasien. Terlebih lagi rumah sakit harapan kita sangat terkenal
didaerah jakarta barat dan dikenal oleh masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar